Alasan Emotional Marketing Semakin Populer

Tidak dipungkiri saat ini perkembangan media sosial sedang dalam puncaknya. Faktor yang sangat mendorong hal ini terjadi saat pandemi COVID-19 melanda dunia. Semua aktivitas digantikan secara online, yang mana membuat semua orang menggunakan internet. Alhasil, aplikasi seperti TikTok berkembang pesat. TikTok hadir untuk menghilangkan kebosanan saat selama di rumah, dari sinilah banyak sekali marketer mengembangkan bakatnya dalam membangun strategi marketing. Ada banyak jenis strategi marketing yang efektif untuk menarik hati para audiens. Salah satu yang saat ini banyak digunakan oleh marketer yaitu emotional marketing.

Seiring dengan makin beragamnya konten TikTok ini membuatnya dijadikan media sosial untuk beriklan. Dengan TikTok, para marketer sering menggunakan strategi emotional marketing dengan alasan kemampuannya dalam pemanfaatan emosi para audiens agar membeli produk yang di pasarkan.

Dalam artikel ini akan menjelaskan mengapa strategi emotional marketing sangat menarik pelanggan di Tiktok. Yuk, simak penjelasan selengkapnya!

Apa itu Emotional marketing dan apa kaitannya dengan TikTok?

Emotional marketing adalah suatu upaya dalam pemasaran produk yang menggunakan emosi untuk menarik para audiens. Teknik ini sering sekali digunakan para marketer khususnya di TikTok untuk menghadirkan kesan tersendiri yang membuat para audiens lebih memperhatikan, mengingat, dan tertarik untuk membeli suatu produk tersebut.

Bagaimana bisa Emotional marketing menjadi populer di TikTok?

Ini beberapa alasan mengapa emotional marketing banyak di gunakan marketer di TikTok :

  1. Lebih mudah diingat

Menurut Spiralytics, saat mengalami peristiwa yang membangkitkan emosi, manusia akan lebih mudah mengingat peristiwa tersebut. Misalnya, saat para marketer membuat konten yang bisa dirasakan oleh audiens seperti rasa bahagia atau bahkan sedih, hal tersebut akan sangat berkesan dan mudah di diingat.

  1. Konten akan lebih banyak dibagikan

Tanpa disadari media sosial sudah menjadi bagian hidup kita sehari-hari. Kehadiran TikTok menambah daftar media sosial yang memiliki potensi membantu dalam promosi dan pengembangan bisnis. Banyak sekali cara yang dilakukan marketer untuk menarik di pandangan audiens, di TikTok sering kita temui teknik Emotional marketing yang digunakan. Dengan begitu membuat para audiens merasakan suatu emosi dan akan lebih sering membagikan konten tersebut.

  1. Mempengaruhi pembeli

Sebelum membeli suatu produk tentu saja kita akan berpikir sejenak untuk memutuskan produk dari brand apa yang akan dibeli. Nah, emotional marketing ini rupanya dapat mempengaruhi audiens untuk membeli. Hal tersebut dapat kita temui saat marketer membuat konten di TikTok, pasti audiensnya banyak sekali yang melihat dan membeli produk tersebut.

  1. Membangun loyalitas

Di dalam berbisnis tentu butuh loyalitas pelanggan. Pasalnya, pelanggan yang loyal akan memberi keuntungan yang besar pada bisnis.

Tips dalam Menyiapkan emotional marketing

Ada beberapa tips yang harus marketer pahami dalam menyiapkan strategi emotional marketing:

  1. Kenali audiens

Melakukan sebuah riset pelanggan adalah hal yang pertama harus dilakukan. Cari tahu apa pesan yang membuat audien tertarik pada produk yang ditawarkan, sesuaikan dengan isi konten agar mudah di ingat oleh pelanggan.

  1. Cari hal yang dapat menumbuhkan inspirasi

Dapat kita temui saat ini, diTikTok kita dapat menumakan berbagai macam jenis konten yang mengandung banyak makna. Dengan begitu menumbuhkan inspirasi bagi audiens.

  1. Menggunakan lokasi

Membuat konten dengan menayangkan lokasi  dapat membangkitkan rasa emosional para audiens. Khususnya mereka yang tinggal tak jauh dari lokasi tersebut.

  1. Buat narasi yang menarik

Narasi yang baik akan selalu berkesan untuk para audiens, membuat narasi yang bisa dikaitkan dengan audiens agar lebih mudah membangkitkan rasa penasaran pelanggan dan membuatnya membeli produk tersebut.

Baca juga: Gaya Hidup Minimalis Bukanlah Hal Baru

  1. Gunakan warna

Para marketer sering sekali menggunakan warna yang dapat menarik para audiens. Dalam pemilihan warna untuk sebuah konten juga harus diperhatikan karena setiap warna dapat menimbulkan kesan yang berbeda.

Penutup

Demikian pembahasan tentang keterkaitan Tiktok dengan strategi emotional marketing, alasan emotional marketing populer, dan tips dalam menyiapkannya. Emotional marketing adalah sebuah strategi yang sangat efektif digunakan, pelajari hal tersebut dan bijaklah dalam membuat konten di sosial media.

Anisa Rahmah
Mahasiswa Perbankan Syariah UAD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *